Gigi bungsu- dicabut atau tidak?

Gigi bungsu Juga dikenal sebagai set molar ketiga, gigi bungsu adalah gigi terakhir di mulut untuk keluar, yang biasanya terjadi sekitar usia 17 – 25 tahun. Selama bertahun-tahun, ada banyak kontroversi mengenai kebutuhan untuk menghilangkan gigi ini. Jika gigi tidak menyebabkan kerusakan atau rasa sakit apa pun, mereka biasanya baik-baik saja tidak dicabut. Jika mereka menunjukkan posisi yang buruk atau menyebabkan Anda merasa rasa sakit atau ketidak nyaman, mereka akan perlu dicabut.

Ketika gigi bungsu pertama kali masuk, mereka terkadang akan terkena dampak. Gigi yang terkena dampak biasanya harus diekstraksi. Kadang-kadang mereka dapat ditarik, meskipun dalam banyak kasus mereka harus dipotong oleh ahli bedah yang berkualifikasi. Ketika saatnya gigi gerahamĀ  diekstraksi, Anda harus pergi ke dokter bedah mulut dan berkonsultasi terlebih dahulu.

Selama konsultasi, Anda akan mengambil beberapa sinar-x yang akan membiarkan ahli bedah mengetahui seberapa buruk gigi bungsu Anda. Dia akan membahas hasilnya dengan Anda, lihat mulut Anda, lalu beri tahu Anda opsi apa yang Anda miliki. Jika dia akan menarik atau memotong gigi Anda, Anda akan memiliki pilihan untuk menggunakan anestesi lokal atau pergi dengan sedasi IV. Sedasi IV adalah cara yang lebih disukai untuk mencabut gigi geraham bungsu, karena Anda akan sangat rileks sehingga Anda tidak akan tahu apa yang sedang terjadi.

Jika Anda memutuskan untuk hanya menggunakan anestesi lokal, yang membuat mati rasa, Anda akan sepenuhnya menyadari prosedurnya. Anda juga akan mendengar popping dan cracking yang terlibat, yang dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman.

Tergantung pada bentuk, ukuran, dan pembentukan gigi bungsu, proses penghapusan dapat bervariasi dari mudah menjadi keras. Jika ujung akar telah berhasil membungkus diri di sekitar tulang, proses penghapusan bisa sangat memakan waktu dan cukup menyakitkan. Setelah ekstraksi selesai, biasanya ada sedikit atau tidak ada pembengkakan yang terlibat. Dokter gigi Anda akan meresepkan obat penghilang rasa sakit, yang harus Anda gunakan segera setelah Anda tiba di rumah. Jika Anda akan menggunakan sedasi IV, Anda perlu seseorang untuk menemani Anda, karena Anda tidak akan dapat mengendarai mobil pulang.

Setelah pengangkatan gigi bungsu Anda, dokter gigi Anda akan memeriksa apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan penyembuhan gusi dan mulut Anda. Biasanya, dia akan memberi Anda informasi untuk dilangkahi, untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami masalah dalam proses penyembuhan. Seseorang harus bersama Anda selama 24 jam pertama, untuk memastikan bahwa Anda baik-baik saja. Anda tidak akan bisa mengonsumsi makanan tertentu selama 48 jam pertama, yang memang diharapkan. Setelah gigi bungsu Anda dibuang – Anda akan melihat peningkatan besar di mulut Anda – dan kesehatan Anda.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *