5 cara mendapat kan rumah IDAMAN kita !

Punya rumah sendiri sebelum memasuki umur 30 tahun adalah sebuah pencapaian. Namun, terkadang keinginan ini tak terwujud karena ada banyak kendala. Mulai dari gaji yang tak memadai hingga harga rumah yang kian meninggi. Alhasil banyak dari kita menganggap keinginan untuk punya rumah sebelum 30 tahun jadi goal yang tak mungkin tercapai.

Padahal sebenarnya jika kamu membulatkan tekad dan berusaha sedikit lagi, impian ini bukan tak mungkin akan bisa kamu wujudkan. Dengan mengikuti 8 langkah yang akan ane jabarkan ini, punya rumah sendiri tak lagi sekedar mimpi. Penasaran apa saja kiat jitunya?

1. Tak perlu bengong melihat harga rumah yang meroket di tengah kota. Memilih rumah di pinggiran kota lebih terjangkau dan akan ramai segera

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum membeli rumah adalah survei terlebih dahulu lokasi perumahan di kotamu. Tak perlu berniat membeli rumah yang berlokasi di tengah kota. Kamu pun bisa menjatuhkan pilihan pada rumah yang ada di pinggiran kota. Meski lebih sepi namun percayalah lokasi ini beberapa tahun lagi juga akan menjadi kawasan ramai yang padat penduduk. Lokasi daerah pinggiran tentu saja akan menawarkan harga yang lebih ramah di kantong, karena biasanya harga rumah pinggiran bisa separuh hingga seperempat dari harga rumah yang berkawasan di tengah kota.

2. Jangan malu jadi KPR Hunter. Cari tahu KPR apa yang paling cocok untukmu ; mana yang tidak memberatkan kehidupanmu

Tak hanya survei lokasi perumahan saja, kamu juga wajib survei berbagai bank yang menawarkan program KPR. Salah memilih bank dapat membuatmu merugi karena jumlah cicilan serta bunga yang ditawarkan bisa memberatkan. Jangan malu untuk keluar masuk berbagai bank swasta maupun negeri demi survei, karena dari sini kamu bisa tahu program KPR mana yang paling cocok dengan besaran gaji sendiri.

3. Susah menabung untuk uang muka? Manfaatkan jasa asuransi kesehatan yang premi dasarnya bisa kamu tarik lagi dalam 5 tahun kedepan

Di usia yang masih muda dengan kesehatan jasmani yang masih mumpuni bukan merupakan alasan untuk tak mengambil asuransi kesehatan. Selain bisa mengcover biaya kesehatan sehingga akan menghemat pengeluaran, kamu juga akan dipaksa menabung untuk beberapa tahun ke depan.

Kamu bisa mengikuti program asuransi kesehatan dengan dana nominal menengah. Uang yang kamu setor tiap bulan bisa diambil lagi setelah 5 tahun mendatang. Memang uangnya akan sedikit terpotong, namun cukuplah sebagai uang muka rumah impianmu nanti.

4. Kalau memang mimpi punya rumah sendiri, disiplinlah untuk menabung mulai hari ini. 30-50% penghasilanmu cukup demi membantu angsuran nanti

Menabung tentu wajib dilakoni jika kamu ingin mimpimu memiliki rumah sendiri bisa terwujud. Bangun komitmen pada diri sendiri bahwa kamu harus bisa menyisihkan minimal 30% dan maksimal 50% dari uang gaji bulanan. Uang yang terkumpul bisa kamu tabung sebagai ancang-ancang untuk angsuran KPR tiap bulannya.

5. Beli Apartemen Dekat Akses Transportasi

Rumah tapak jelas tidak murah di Jakarta dan sekitarnya. Tingginya harga tanah otomatis membuat harga rumah ikut terkerek naik. Kalau ingin punya rumah dengan harga terjangkau, lokasinya jauh sekali di pinggiran kota. Orang bilang, lokasinya di ujung berung. Solusinya, Kamu bisa membeli apartemen dahulu. Keuntungan membeli apartemen adalah: (1) harga lebih terjangkau dibandingkan rumah tapak; (2) lokasi apartemen umumnya cukup strategis.

Lakukanlah survei mengunjungi sarana transportasi yang sedang getol dibangun. Kemungkinan besar di sekitar tempat itu terdapat apartemen yang sedang ikut dibangun.

Jadi, kapan mau beli rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *