Rumah Tingkat Idaman

Memiliki rumah idaman adalah cita-cita bagi setiap orang. Selain memiliki fungsi melindungi dari teriknya matahari dan dinginnya hujan, rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk beristirahat. Terlebih jika bangunan rumah memiliki desain dan arsitektur yang indah. Memiliki rumah tingkat oleh sebagian orang dianggap orang yang memiliki kemampuan finansial tinggi.

Padahal hal tersebut belum tentu benar. Pasalnya kebutuhan setiap orang itu berbeda dan tidak bisa diukur dengan kebutuhan dan pandangan kita. Aneka jenis rumah dengan berbagai konsep diperlihatkan di Indonesia. Dari yang mewah sampai yang sesederhana mungkin.

Jenis-Jenis Rumah

Ada beberapa jenis atau tipe rumah hunian yang terkenal di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cluster

Cluster merupakan kompleks perumahan yang disediakan pada lokasi yang strategis dengan berbagai akses. Berbagai aktivitas tambahan membuat kompleks perumahan menjadi alternatif tempat tinggal yang nyaman. Jenis rumah ini dibuat sama pada bangunannya serta memiliki pagar sebagai pembatasnya.

  • Town House

Town house ini sama halnya dengan cluster yaitu kawasan hunian atau perumahan yang memiliki jenis bangunan yang sama. Uniknya, wilayah perumahan ini dibuat secara horizontal tanpa adanya pagar pembatas. Kemudian, dilengkapi pula dengan fasilitas yang lengkap mulai dari fasilitas umum hingga pusat perbelanjaan.

Perumahan jenis ini biasa dijumpai di wilayah perkotaan. Dengan begitu akan mempertemukan suasana lingkungan yang nyaman dan rukun.

  • Rumah Tapak

Tapak sendiri memiliki arti bersentuhan secara langsung. Maka dari itu, rumah tapak merupakan tipe hunian yang sering dijumpai pada saat ini. Lingkungan ini menjadi lebih padat mengingat harga tanah yang semakin tahun semakin tinggi. Terkadang antara satu rumah dengan yang lainnya memiliki satu dinding yang sama.

Walaupun satu dinding sebagai penghubung, rumah ini memiliki kepemilikan secara individu. Tipe rumah ini sangat berbeda dengan rumah tunggal yang berdiri diatas lingkungan sepi penduduk. Pada jenis rumah ini berdiri berbanding terbalik dengan rumah tunggal.

  • Apartemen

Apartemen merupakan rumah masa kini yang didesain dengan teknologi tinggi. Rumah dengan konsep mewah yang dekat dengan berbagai fasilitas ini dibuat layaknya rumah susun. Perbedaannya ada pada konsep dan dekorasi rumah yang serba mewah.

Oleh karenanya, seseorang yang memiliki apartemen biasanya berasal dari kalangan atas. Karena untuk harga sewa apartemen saja sudah cukup menguras banyak tabungan.

  • Ruko (Rumah Toko)

Ruko atau rumah toko adalah rumah yang didesain dengan cara digabung antara rumah dan toko. Bangunan ini biasanya bertingkat, dimana bagian atas untuk tempat tinggal dan bagian bawah untuk aktivitas toko atau usaha. Yang unik dari sini, terkadang pemilik rumah justru menyewakan tokonya kepada orang lain. 

Oleh sebab itu, membuat satu rumah memiliki dua subjek kepemilikan. Tuan rumah dan penyewa. Tetapi tidak jarang juga bahwa pemilik rumah juga membuat usaha di toko miliknya.

  • Rumah Susun

Rumah susun adalah rumah yang disediakan secara bersusun. Sekilas konsep bangunannya layaknya apartemen, akan tetapi fasilitas yang didapat sangat berbeda. Oleh karenanya, rumah susun atau rusun sering kali disebut sebagai apartemen. Namun, pada kenyataannya itu adalah dua bangunan yang berbeda.

  • Kontrakan

Jika belum bisa mendirikan rumah sendiri, maka kontrakan dapat dijadikan alternatif tempat tinggal. Rumah kontrakan memiliki jenis bangunan yang berbeda, perbedaan tersebut akan berpengaruh terhadap harga sewa. Fasilitas yang didapat layaknya rumah biasa.

Akan tetapi yang sering dijumpai, rumah kontrakan memiliki bangunan yang tidak seluas rumah yang kita bayangkan.Walaupun demikian, rumah ini dapat menjadi tempat berteduh sambil menabung untuk bisa membuat rumah impian.

  • Indekos

Indekos merupakan rumah yang disewakan oleh seseorang yang berasal dari pendatang atau yang tidak memiliki saudara di wilayah saat ini ditempati. Indekos atau kostan adalah rumah yang terdiri dari beberapa kamar yang fasilitasnya hanya sebatas kamar tidur dan kamar mandi. 

Rumah dengan tipe ini biasanya menjadi tipe hunian untuk mahasiswa atau pekerja yang jauh dari tempat asalnya. Dengan adanya kos, membuatnya tidak perlu pulang pergi rumah atau menumpang di tempat orang lain. Pembayaran sewa biasanya di lakukan sebulan sekali dengan harga tergantung kebijakan pemilik kos.

  • Rumah Tunggal

Rumah tunggal adalah bangunan yang berdiri di atas tanah secara langsung tetapi jauh dari tetangga. Tipe rumah seperti ini biasanya berada di daerah pegunungan. Orang-orang menyebutnya sebagai rumah untuk bersantai dan menikmati keheningan.

Yang populer dari rumah jenis ini adalah Vila. Dimana hanya dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti waktu libur atau waktu ketika pemilik merasa jenuh dengan kesibukan kesahariannya. Lingkungan yang tenang dan sejuk biasanya menjadi ciri khas dari tipe rumah ini.

Untuk mendapatkan rumah idaman, tentu harus ada perencanaan yang baik. Mulai dari perencanaan keuangan hingga konsep rumah yang diinginkan. Dengan begitu, rumah idaman akan tercipta dengan sempurna. Konsep rumah yang mewah, sederhana, minimalis, elegan dan rapih serta fasilitas yang lengkap menjadi tujuan untama.

Desain Rumah Mewah

Berbagai gaya rumah mewah dengan aksen-aksen unik yang menghiasi rumah sehingga dapat terlihat elegan menjadi daya tarik tersendiri. Gaya rumah mewah biasanya terinspirasi dari bangunan rumah eropa atau amerika bahkan istana. Biasanya rumah jenis ini menggunakan lahan yang luas serta kontruksi bangunan yang spesial.

Untuk saat ini, rumah mewah yang ada dapat dibangun dengan lahan yang tidak begitu luas atau minimalis. Selain minimalis, tata letak setiap detail bangunan juga sangat diperhatikan. Inilah seni bangunan yang harus di tekankan. Perpaduan dari lantai, dinding, atap serta perlengkapan yang ada harus senada.

Oleh karena itu selain unik, tipe rumah seperti ini juga sangat mahal. Perlu waktu yang cukup lama untuk merancang rumah dengan konsep ini. Tidak hanya terlihat mewah tetapi juga memanfaatkan energi pendukung agar lebih berbeda dengan yang lainnya. 

Misalnya penggunaan panel surya pada atapnya, panel kaca pada dindingnya dan lain sebagainya. Sehingga akan menghemat energi atau penggunaan energi listrik. Bahkan tidak jarang rumah-rumah yang tersedia di desain rumah tingkat yang akan semakin memberikan kesan eksklusif.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *